Tugas Penjelasan Informasi

Image result for information

Hola Amigo, pada post kali ini saya, Juan Martin, akan memberikan sedikit informasi mengenai... Informasi.

Apa itu Informasi ?

Informasi adalah sebuah entitas atau bentuk yang menyelesaikan rasa tidak yakin atau menyediakan jawaban dari sebuah pertanyaan dalam suatu bentuk. Oleh karena itu, informasi berhubungan dengan data dan pengetahuan, seperti data yang merepresentasikan suatu nilai, dan pengetahuan merupakan penjelasan dari hal yang nyata maupun konsep abstrak. Jika berbicara tentang data, keberadaan informasi tidak harus memiliki pengamat. Berbeda dengan pengetahuan, yang memerlukan pengamat.

Sumber - Sumber Informasi

Informasi bisa didapatkan melalui banyak cara. Beberapa diantaranya adalah seperti melalui observasi, kuisioner, kejadian/event serta permodelan. Bila melalui observasi, kita melakukan penelitian maupun pengamatan langsung untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Jika melalui kuisioner, kita membuat serangkaian pertanyaan yang berfungsi untuk mendapatkan data-data penting yang berhubungan dengan suatu topik. Kejadian/event adalah saat kita berada dan mengalami ataupun menyaksikan langsung sumber informasi dan kita mendapatkan informasi baru yang relevan. Metode permodelan merupakan cara tidak langsung, dimana kita melakukan simulasi dari suatu kejadian yang akan berbahaya jika dilakukan secara nyata.

Kualitas dan Penyampaian Informasi

Informasi yang berkualitas harus memiliki karakteristik berupa akurat, jelas dan tepat waktu. Maksud dari akurat adalah saat informasi yang diberikan bukan berupa fiksi dan sesuai dengan fakta nyata. Jelas berarti informasi yang disampaikan tidak bertele-tele dan ketidakpastian dari informasi tersebut dihilangkan maupun diperkecil. Sedangkan tepat waktu berarti informasi tersebut harus disampaikan selagi masih relevan dan tidak disampaikan terlambat.

Informasi bisa disampaikan dengan berbagai metode. Namun, metode yang paling sering digunakan untuk menyampaikan informasi ada tiga, yaitu secara fisik, digital dan audio. Penyampaian secara fisik artinya informasi disampaikan lewat kertas, seperti koran. Penyampaian digital adalah saat informasi disalurkan melalui media - media online, seperti lewat media sosial. Metode audio adalah saat informasi disalurkan melalui suara,seperti saat bergosip mulut ke mulut.



Sekian untuk postingan kali ini, saya harap anda mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dan dapat menyebarkan informasi yang anda dapat di sini. Adios amigo.

Komentar