Apa itu Basis Data ?

Halo semuanya, apa kabar ? Kembali lagi bersama saya, Juan Martin, dan kali ini, sesuai dengan judulnya, saya akan membahas mengenai Apa itu basis data serta tujuannya dan karakteristik serta komponennyaa. Langsung saja kita mulai dibawah ini.

Image result for database

Pengertian dari basis data

Basis Data atau yang biasa disebut juga dengan database adalah sekumpulan data yang disimpan secara sistematik didalam suatu komputer, sehingga dapat diakses dari tempat lain menggunakan program. Database / basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, dan diorganisasikan berdasarkan skema ataupun struktur tertentu. Bagaimana mudah dimengerti kan ?

Tujuan dari basis data

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tujuan dari basis data. Seperti yang kita ketahui, data adalah sumber yang sangat berguna disemua tempat, baik itu sekolah, kampus maupun kantor. Oleh karena itu, dengan tersedianya data yang berlimpah dan dapat diakses dari berbagai tempat, pengolahan data pun akan menjadi lebih mudah dengan adanya penggunaan sistem basis data. Tujuan dari pengaturan basis data sendiri adalah sebagai berikut :

1. Menyediakan penyimpanan data untuk dapat digunakan sekarang maupun di masa yang akan datang.

2. Sebagai cara pemasukan data yang lebih efisien, sehingga memudahkan tugas pengguna, serta mempercepat proses untuk pengunduhan data yang sudah di upload sebelumnya.

3. Pengamanan data dari kemungkinan data tersebut akan dicuri, dimodifikasi maupun diperbanyak tanpa ijin dari pemilik sah dari data tersebut.


Karakteristik serta Komponen penting dari basis data

Setelah mempelajari konsep dasar serta tujuan dari basis data, kita akan membeda karakteristik serta komponen - komponen yang diperlukan dalam sebuah basis data. Pertama, kita akan membahas karakteristiknya terlebih dahulu. Berikut adalah karakteristik dari sebuah basis data :

1. Berorientasi data dan bukan berorientasi program

2. Dapat digunakan tanpa merubah data yang terdapat didalamnya.

3. Dapat digunakan dengan berbagai cara.

Selanjutnya komponen dari basis data. Apa saja komponen yang dipelukandalam sebuah basis data ? berikut adalah rinciannya :

1. Perangkat keras (hardware)

2. Sistem operasi (Operating System)

3. Perangkat lunak pengelola basis data (DBMS / DataBase Management System)

4. Pengguna (User)


Setelah membahas dasar dasar dari basis data diatas, postingan kali ini saya rasa cukup sampai disini. Semoga informasi yang saya berikan diatas dapat berguna bagi siapapun yang memerlukannya. Sekian update kali, terima kasih dan sampai jumpa lagi.

referensi : www.google.com
                 www.wikipedia.com




Komentar